Beranda » Sejarah Drum

Sejarah Drum

Bagi para drummer, pasti kata drum itu tidak asing lagi dong (yaiyalahhh kaka).. Tapi apakah semua drummer mengetahui sejarah sebuah drum itu seperti apa??Kayaknya sih belum tentu yah..hehe.

[imagetag]

Drum itu alat musik yang sangat menarik, semua kalangan suka bermain drum..mau dia wanita atau pria, semua suka bermain drum.

Terutama untuk para pria, pasti terlihat macho dan keren dong..hehehe. Apalagi kalo mainin irama yang serba

cepat

.

Drum itu berguna sebagai pengatur tempo, jadi kalau tempo musik kabur..pasti itu drumnya juga lari.

Drum ini pun punya beberapa jenis lho bro, contohnya aja friction drum yang memiliki bunyi khas jika diusap. Kemudian juga ada Frame Drum yang memiliki bentuk dangkal seperti tamborin. Lalu Rattle Drum dengan dua biji yang menggantung disisi kiri dan kanan, biasanya sih rattle drum ini banyak dimainkan di Tibet dan India.

Terus gimana sih sejarahnya drum sampai-sampai terkenal ke seluruh dunia??

Bermula pada zaman awal peradaban. Pada zaman peradaban dulu, manusia selalu memukul-mukul benda apa saja untuk mengungkapkan rasa gembiranya ketika mendapatkan suatu buruan. Lama kelamaan mereka menjadi paham seperti apa bunyi itu.

lalu pada masa peradaban Mesir Kuno sekitar 4000SM, ditemukanlah drum kayu yang terbuat dari kulit binatang.

Kemudian di Afrika dan Yunani. ditemukan juga lho bukti sejarah berupa drum, yang dibuat kurang lebih 2000SM. Di waktu yang hampir bersamaan, Romawi memakai drum tersebut untuk pengobar semangat pasukan perang Romawi.

Sekitar 600-an Masehi di Persia, telah dibuat genderang pendek dari tanah liat. Setelah itu mulailah menyebar ke Eropa, Afrika, dan juga Asia. Lalu pada abad ke-13, masyarakat Eropa membuat timpani yang terbuat dari tembaga. Timpani kadang disebut sebagai Kettle Drum.

Pada tahun 1500 para penjelajah bangsa Eropa pergi ke Amerika sekaligus mengenalkan drum. Drum Band pun dicetuskan oleh militer Rusia pada tahun 1813.

Pada era kebangkitan musik di Amerika pada tahun 1935. Dan pada tahun 1970-an muncul drum listrik yang bunyinya mirip dengan drum akustik.

Nah bagi teman-teman yang mau belajar main drum, jangan ragu2 yah.. Belajar drum, belajar gitar, atau bahkan

belajar software

apapun itu harus dilakukan dengan tekun

Sumber

ceritakaskus.blogspot.com