Beranda » 6 Alasan Mengapa Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan

6 Alasan Mengapa Tertawa Itu Baik Untuk Kesehatan



[imagetag]

Tertawa merupakan kunci untuk mendapatkanhidup yang bahagia serta fisik yang kuat. Tidak hanya itu, tertawa juga mempumeningkatkan kesehatan jantung Anda.



Seperti yang dikutip dari everydayhealth,manfaat tertawa sangatlah banyak dan hampir semuanya berpengaruh positifterhadap kesehatan tubuh dan emosional. Berikut adalah manfaat tertawa menurutpara pakar kesehatan.

1. Mengurangi Stres

Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat darirasa humor dan tertawa yaitu mempu meminimalisir pikiran negatif dalamkehidupan yang menyebabkan depresi. Tidak hanya itu, tertawa dapat mengurangirasa kesepian dan membuat seseorang berpikir lebih positif terhadap diri merekasendiri.

2. Baik untuk Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketikaAnda tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalamtubuh. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaannegatif dan stres menghilang. Anda bisa bantu menyehatkan jantung denganmelakukan kegiatan yang dapat meningkatkan endorfin seperti,mendengarkan musikyang disukai, olahraga dan juga tertawa.

3. Seperti Berolahraga

Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisamenjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalamiperegangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yangtersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebihcepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akanmembuat peredaran darah jauh lebih lancar.

4. Mengubah Mood Buruk

Tertawa juga membantu seseorang menahan energinegatif saat suasana hati buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa membuatperasaan jauh lebih baik.

5. Mengurangi rasa sakit

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwapenderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebutketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronisAnda, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.

6. Menjaga Keutuhan Hubungan

Komunikasi yang diselingi dengan humor bisamembuat hubungan jadi menyenangkan, tidak membosankan dan bebas dari rasakhawatir. Tidak hanya bantu mengubang pandangan seseorang terhadap masalah darisisi yang menyenangkan, tetapi juga memperkuat hubungan dan kebersamaan.

Sumber

ceritakaskus.blogspot.com