Beranda » Iran luncurkan jet tempur siluman

Iran luncurkan jet tempur siluman



Jet tempur satu kursi ini diberi nama Qaher F313 dan merupakan desain terbaru buatan militer Iran sejak mereka meluncurkan jet Azarakhsh di tahun 2007.

Presiden Mahmoud Ahmedinejad dalam sambutannya mengatakan pesawat tempur ini memiliki ''hampir semua fitur penting'' yang terdapat dalam jet paling mutakhir di dunia.

Dia mengatakan: ''Perkembangan kekuatan militer bangsa Iran adalah ... untuk tujuan pencegahan dan pertahanan''.

Dalam sebuah upacara peluncuran di dalam sebuah hangar di Teheran, Ahmadinejad mengatakan dia memberi peringkat pesawat ini ''masuk dalam jajaran jet tempur paling mutakhir di dunia''.

Gambar jet tempur yang dirilis televisi negara menunjukkan sebuah jet baja abu-abu yang menurut Menteri pertahanan Iran Ahmad Vahidi dibangun dengan menggunakan ''bahan-bahan mutakhir'' dan memiliki kemampuan menghilang dari radar.

Nuklir

Upacara peluncuran ini bertepatan dengan perayaan 34 tahun revolusi 1979, yang mengganti pemerintahan syeh dukungan AS dengan rezim Islamis.

Ini bukan unjuk teknologi pertama Iran dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya Teheran juga mengklaim sukses mengirim monyet ke ruang angkasa dengan roket Pishgam.

Roket itu mampu mencapai ketinggian sekitar 120km untuk penerbangan sub-orbit.

Negara-negara Barat sendiri mengaku khawatir dengan program ruang angkasa Iran ini akan digunakan untuk mengembangkan misil jarak jauh yang bisa membawa hulu ledak nuklir.

Iran berulang kali membantah tengah mengembangkan senjata nuklir dan bersikeras menyatakan program nuklir mereka untuk kepentingan damai.

ceritakaskus.blogspot.com


[imagetag]

Jet Qaher F313 diklaim memiliki fitur jet termutakhir di dunia.

http://www.memobee.com/