Beranda » Sejarah Singkat Lahirnya Huruf Jawa (ha, Na, Ca, Ra, Ka)

Sejarah Singkat Lahirnya Huruf Jawa (ha, Na, Ca, Ra, Ka)



[imagetag]

Huruf Jawa atau aksara jawa adalah salah satupeninggalan bersejarah dari nenek moyang kita yang wajib kita jaga danpelajari, sebagai salah satu situs peninggalan sejarah huruf jawa jugamempunyai sejarah dilahirkannya huruf jawa di bawah ini adalah sejarah dan artihuruf aksara jawa yang dikisahkan oleh ajisaka silahkan baca :

Dikisahkan ada seorang pemuda tampan yangsakti mandraguna, yaitu Ajisaka. Ajisaka tinggal di pulau Majethi bersama duaorang punggawa (abdi) setianya yaitu Dora dan Sembada. Kedua abdi ini sama-samasetia dan sakti. Satu saat Ajisaka ingin pergi meninggalkan pulau Majethi. Diamenunjuk Dora untuk menemaninya mengembara. Sedangkan Sembada, disuruh tetaptinggal di pulau Majethi. Ajisaka menitipkan pusaka andalannya untuk dijagaoleh Sembada. Dia berpesan supaya jangan menyerahkan pusaka itu kepada siapapun, kecuali pada Ajisaka sendiri.

Lain kisah, di pulau Jawa ada sebuah kerajaanyang sangat makmur sejahtera yaitu kerajaan Medhangkamulan. Rakyatnya hidupsejahtera. Kerajaan Medhangkamulan dipimpin oleh seorang raja arif bijaksanabernama Dewatacengkar. Prabu Dewatacengkar sangat cinta terhadap rakyatnya.

Sumber

ceritakaskus.blogspot.com