Beranda » Khasiat Temulawak Yang Sebenarnya

Khasiat Temulawak Yang Sebenarnya

Khasiat Temulawak yang Sebenarnya

Temulawak merupakantumbuhan

obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Banyak sekali Khasiat Temulawak yang Sebenarnya,

Tanaman ini ditanam secara konvensional dalam skala kecil dengan menggunakan teknologi budidaya yang sederhana, karena itu sulit menentukan letak sentra penanaman temulawak di Indonesia. Hampir di setiap daerah pedesaan, terutama di dataran sedang dan tinggi, dapat ditemukan temulawak terutama di lahan yang teduh.

Banyak nama lokal untuk temulawak. Misalnya, Koneng gede (Jawa barat) dan Temu labak (Jawa dan Madura). Temulawak termasuk keluarga Zingibereaceal dan berkembang biak ditanah tegalan sekitar pemukiman, terutama pada tanah gembur, sehingga buah rimpangnya mudah berkembang menjadi besar.

[imagetag]

Temulawak batang pohonnya berbentuk batang semu, daunnya lebar dan pada setiap helai daun dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Bunganya berbentuk unik bergerombol dan berwarna kuning tua, rimapng temulawak sejak lama dikenalsebagai bahan ramuan obat. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan.

Khasiat Temulawak yang Sebenarnya

Berikut adalah manfaat atau khasiat dari tanaman temulawak :

1. Mencegah penyakit hati

2. Menurunkan kadar kolesterol

3. Anti inflamasi/radang

4. Peluruh kencing

5. Menghilangkan nyeri sandi

6. Mengobati sakit limfa

7. Mengobati sakit pinggang

8. Mengobati sakit kepala

9. Mencegah maag

10. Mengobati asma

11. Mengobati masuk angin

12. Mengobati sakit perut

13. Bisa memperlancar produksi ASI

14. Membuat daya nafsu makan

15. Mengatasi sembelit

16. Mengobati cacar air

17. Mengobati sariawan

18. Mengurangi sakit rematik

19. Menghilangkan jerawat

20. Mengobati kanker stadium dini

Tanaman khas Indonesia yang memiliki potensi luar biasa ini, tak kalah dari gingseng korea, bahkan, menurut penelitian temulawak lebih unggul dari pada gingseng. Temulawak merupakan obat herbal yang memang sangat manjur.

Itulah sekitar 20 khasiat temulawak yang sebenarnya. Penggunaan temulawak pada prinsipnya sama dengan kunyit maupun kencur yaitu diperut. Kecuali untuk sakit ginjal. Satu rimpang temulawak, ditambahkan segenggam daun meniran dengan 4 gelas air, direbus hingga airnya tinggal setengahnya, minum 3 kali dalam sehari.

Sumber

ceritakaskus.blogspot.com