Beranda » Dunia Keris : Beda Antara Kinatah, Sinarasah Dan Etsa

Dunia Keris : Beda Antara Kinatah, Sinarasah Dan Etsa

Tidak semua lukisan atau gambar yang ada dibilah keris dikategorikan sebagai pamor, yang digolongkan sebagai pamor adalah gambar atau lukisan yang terjadi karena percampuran antara dua atau lebih bahan logam pembuat keris. Selain pamor juga sering kita temui yang disebut Kinatah, Serasah atau Sinarasah dan Etsa atau Kamalan.

KINATAH

[imagetag]

Kamarogan

Gambaran atau lukisan pada logam yang disebabkan oleh kinatah atau ditatah/diukir logamnya dan menghasilkan gambar atau lukisan yang menonjol, bisa berupa tulisan, rajah, lukisan, motif bunga, daun, binatang dan lainnya. Diatas tonjolan itu biasanya dilapisi perak atau emas atau logam lain.

Kinatah pada keris biasanya berupa ukiran Gajah Singa dibagian ganja keris yang menghadap ke ukiran/deder. Kinatah lain bisa juga untuk menghias seperti keris dapur Naga Sastra, Naga Keras, Singo Barong serta hiasan berupa lung-lungan, pari sawuli, kembang setaman dll.

Kinatah yang menggunakan dua logam (missal emas dan perak) biasa disebut "Silih Asih", umpamanya Kembang Setaman pada bagian daun dilapis emas dan bunganya dilapis perak. Kinatah yang menghiasi hampir seluruh permukaan bilah keris disebut "Kamarogan".

SINARASAH

Hiasan Sinarasah atau Serasah ialah dengan membuat parit parit dipermukaan bilah berupa tulisan atau yang lain kemudian dituangkan cairan logam seperti emas atau perak baru dihaluskan. Teknik ini biasa disebut "Inlay". Senjata yang terkenal dalam pembuatan inlay ini berupa pedang dari Iran (Persia).

ETSA atau KAMALAN

Cara menghias dengan cara kimiawi, Cara tradisional dengan menggunakan bahan pelican sedang cara modernmenggunakan kimia. Banyak penipuan yang dilakukan dengan menggunakan cara ini.

Pada dasarnya teknik ini dengan meluluhkan sebagian permukaan bilah secara kimiauntuk membuat lukisan atau tulisan tertentu dipermukaan bilah, yang paling sering diberi lukisan gambar wayang atau beberapa tulisan arab.

Cara etsa ini bagi yang tahu sangat mudah mengerjakannya sehingga bila tertipu maka ibaratnya pisau dapur pun bisa dibuat hiasan dan terlihat "bertuah".

Dari ketiga cara diatas, yang paling baik adalah Cara Kinatah

.

Sumber

ceritakaskus.blogspot.com